Mendagri Sampaikan Pedoman Kerja Kemendagri 2017

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa)

zonalima.com – Tjahjo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menyampaikan beberapa pedoman penting kepada para jajarannya di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna mengoptimalkan program kegiatan di tahun 2017 ini.

Hal pertama yang ia minta adalah agar para Direktoral Jenderal (Ditjen) Kemendagri memastikan pelaksanaan program yang harus tepat waktu.

“Dalam rangka penajaman prioritas program, masing-masing Ditjen dan Badan saling bersinergi dalam memastikan pelaksanaan program yang tepat waktu,” kata Menteri Tjahjo.

Selain itu, program-program yang harus tepat waktu ini juga harus difokuskan, efektif, dan efisien karena ini merupakan tanggung jawab bersama. Di samping itu, ia juga menginginkan agar setiap program bisa memberikan hasil, tidak hanya mengajar penyerapan.

“Meskipun penyerapan secara optimal penting, namun juga berorientasi pada hasil,” tutur Tjahjo.

Dalam hal ini, hasil yang dimaksud Mendagri Tjahjo adalah peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatnya pertumbuhan di daerah-daerah.

“Mulai dihilangkan saja program-program kegiatan yang sifatnya rutinitas, jangan terlalu banyak,” kata Tjahjo.

Hal lainnya adalah Mendagri meminta jajarannya untuk terbuka dan transparan, khususnya dalam pembelanjaan barang dan jasa hendaknya mengikuti aturan yang ada jangan sampai terjadi monopoli di dalamnya.

Lalu untuk pejabat eselon I dan II Kemendagri juga harus memahami capaian anggaran. Setiap pelaksanaan dan perencanaan program harus melibatkan aspek pemerataan daerah, pengawasan dan sinkronisasi antar sesama Ditjen. (*)

Terpopuler

To Top