Pemerintah Canangkan Pembangunan Terpadu Perbatasan Wilayah Barat

man-headphones
Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2017 di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (8/3/2017). (Foto: Puspen Kemendagri)

zonalima.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mewakili pemerintah mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) tahun 2017 di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (8/3/2017). Turut hadir dalam pencanangan Gerbangdutas tahun 2017 untuk wilayah Barat Indonesia ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI.

Menteri Tjahjo mengatakan pemerintah telah menyusun dengan baik program dan pengelolaan kawasan perbatasan.

Pembangunan perbatasan menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla.

Penguatan pembangunan kawasan perbatasan negara juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah ancaman terhadap bangsa, seperti narkoba, radikalisme, atau penyelundupan orang maupun barang.

“Kita juga berusaha untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi di kawasan perbatasan dan meningkatkan daya saing di daerah perbatasan,” kata Menteri Tjahjo.

Pemerintah, jelas Menteri Tjahjo, menginginkan kondisi masyarakat di daerah perbatasan lebih baik lagi, tidak hanya sejajar, namun juga unggul lebih jauh dibanding negara tertangga.

Pembangunan terpadu kawasan perbatasan sendiri, lanjutnya, setidaknya meliputi sejumlah aspek, diantaranya pembangunan kawasan pertahanan, kawasan ekonomi, serta pembangunan infrastruktur sosial dan ekonomi masyarakat perbatasan. Beberapa program prioritas kegiatan tahun ini, antara lain pengembangan 10 Pusat Kawasan Strategis Nasional (PKSN) dan perdagangan lintas batas negara, membuka isolasi Lokasi Prioritas (Lokpri),  pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu, pengamanan batas wilayah darat, laut, dan udara, peningkatan kualitas diplomasi dan kerja sama batas wilayah negara serta  koordinasi pengelolaan perbatasan negara.

“Pembangunan infrastruktur sosial itu seperti sekolah, puskesmas yang ada ruang rawat inap dan rumah sakit rujukan, infrastruktur ekonomi itu seperti pembangunan jalan, irigasi, perumahan, dan lainnya,” kata Menteri Tjahjo.

Pencanangan Gerbangdutas tahun 2017 di Kabupaten Natuna ini juga turut dihadiri sejumlah menteri kabinet kerja, seperti Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Selain itu, turut hadir Gubernur Kepri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kepri, Bupati Natuna, Forkopimda serta tokoh masyarakat Kabupaten Natuna. (*)

Terpopuler

To Top