Sebanyak 17 Dubes Baru Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini

man-headphones
Presiden Joko Widodo. (Foto: dok. Jpnn)

zonalima.com – Hari ini, Senin (13/3/2017) Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh di Istana Negara.

Sayangnya, formasi kali ini tidak lengkap. Pasalnya hanya ada 17 dari 23 calon Duta Besar (Dubes) yang akan dilantik hari ini, dan jika tidak ada perubahan jadwal, maka pelantikan akan dilangsungkan pada siang ini.

Sejumlah nama yang cukup sering di dengar ublik akan menempati pos barunya di beberapa negara. Beberapa nama yang akan dilantik di antaranya adalah Ikrar Nusa Bhakti yang akan ditugaskan di Tunisia, Tantowi Yahya yang akan ditugaskan di Selandia Baru, Darmansjah Djmala di Austria dan Yuddy Chrisnandi di Ukraina.

Setelah pelantikan, para dubes baru itu akan segera berangkat ke negara tujuan untuk bertugas. Sementara itu enam dari 23 calon duta besar tidak masuk dalam daftar dubes yang dilantik hari ini.

Mereka adalah Ferry Adamhar yang akan menjadi dubes untuk Yunani, Ratlan Pardede untuk Tanzania, Rina Prihtyasmiarsi Soemarno untuk Bangladesh, Rusdi Kirana untuk Malaysia, Shidarto Reza Suryodipuro untuk India dan Adiyatwidi Adiwoso untuk Slovaskia.

Hingga Minggu (12/3/2017) malam, belum ada konfirmasi mengenai keenam nama tersebut apakah memang tidak disetujui DPR atau ditunda pelantikannya. Namun sebelumnya, Presiden Joko Widodo  telah memilih 23 nama untuk calon dubes baru.

“Ada yang professional, peneliti, (pejabat) karier dari kemlu, ada juga dari Setpres,” kata presiden yang akrab disapa Jokowi itu.

Diketahui bahwa pada Desember lalu, DPR telah mengadakan Fit and Proper tes untuk para calon tersebut. Hanya saja, parlemen memilih untuk menutup rapat nama-nama yang disetujui untuk menjadi dubes.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengisyaratkan kalau proses Fit and Proper tes di DPR itu berjalan dengan baik dan tidak ada masalah seperti dilansir Jpnn.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top