Wakil Ketua DPD RI Minta Kasus E-KTP Diungkap Secara Transparan

man-headphones
Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad. (Foto: hariannegeri.com)

zonalima.com – Farouk Muhammad, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengungkapkan nama-nama yang disebutkan dalam surat dakwaan secara transparan.

“KPK harus ungkap semua tanpa terkecuali, dengan tetap mengedepankan profesionalitas dan amanah serta menyingkirkan jauh pengaruh aroma politik,” kata Farouk dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta pada Selasa (14/3/2017) malam.

Ia juga mengingatkan KPK agar nama-nama yang diungkapkan dalam surat dakwaan tersebut tidak terdistorsi dengan tekanan politik sehingga kasus ini berpotensi untuk didiversi (pengalihan, red).

“Observasi saya menunjukan bahwa beberapa orang yang disebutkan dalam surat dakwaan lalu buru-buru mengembalikan uangnya ke KPK dan ada indikasi utuk mengesampingkan perkaranya. Padahal dalam konteks hukum pidana, pengembalian uang tersebut tidak menghilangkan delik pidana korupsinya,” jelas senator asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Ia sendirinya menyatakan kalau dirinya tidak ingin berpraduga karena baru tersedia satu alat bukti. Namun ia tetap menekankan agar KPK transparan dalam mengungkap kasus korupsi e-KTP ini.

“Yang penting harus transparan dan mengedepankan akuntabilitas publik, Jika fakta-fakta dan bukti sudah cukup seharusnya bisa ditingkatkan statusnya sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” ujarnya lagi seperti dilansir Antara.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top