Anies-Sandi akan Lakukan Penataan dan Workshop di Pasar Tradisional

man-headphones
Islustrasi pasar tradisional. (Foto: OneNews.id)

zonalima.com – Dalam rangka membuat tempat jual beli yang bersih da nyaman, calon gubrnur Anies Baswedan berencana untuk melakukan penataan pada pasar-pasar tradisional. Salah satunya dengan terlebih dahulu menata lapak para pedagang.

“Penataan lapak merupakan awal peningkatan kualitas pasar tradisional,” kata Anies saat berkunjungn ke Fresh Market di Pantai Indah Kapuk, Pluit, Jakarta Utara, Minggu (19/3/2017).

Menurutnya, penataan merupakan hal yang penting. Misalnya, lapak basah dikhususkan untuk para penjual daging dan ikan segar, lalu bagian kering untuk pedagang buah da sayur serta kebutuhan lainya.

“Lapak basah digunakan untuk pedagang yang menjual daging dan ikan segar. Sehingga setelah mengolah bahan makanan, limbahnya bisa langsung di alirkan tanpa menimbulkan bau,” jelasnya.

Ia menjelaskan kalau keinginannya melakukan penataan pada pasar tradisional adalah karena selama ini kosep konsep pasar-pasar yang ada belum banyak menggunakan sistem pembuangan yang baik. Akibatnya, bahan makanan yang tidak terpakai biasanya menumpuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap, dan hal itu sangat mengganggu kenyamanan pembeli.

Selain itu, konsep yang direncanakan tidak hanya melakukan perbaikan pasar secara fisik. Menurut pasangan calonnya, Sandiaga Uno, yang harus menjadi perhatian juga adalah peningkatan sumber daya manusia yang ada.

“Kuncinya SDM, pasar ini bisa dikelola dengan baik karena punya SDM yang mumpuni,” kata Sandi.

Tidak hanya itu, Sandi juga berencana untuk mengadakan berbagai workshop di pasar-pasar untuk meningkatkan penjualan. Dengan demikian, diharapkan daya beli masyarakat meningkat dan roda perekonomian tetap berputar.

“Kami ingin kasih workshop di pasar-pasar, tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur pasar tradisional,” pungkas Sandi seperti dilansir Jpnn.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top