BMKG Imbau Masyarakat Pesisir Waspadai Pasang Lebih Dari Dua Meter

man-headphones
Gelombang tinggi, ilustrasi. (Foto: Antara/Oky Lukmansyah)

zonalima.com – Imbauan diberikan oleh Badan Menterorologi, Klimatolohi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang kepada masyarakat yang tinggal di wilayah persisir pantai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar mewaspadai ketinggian pasang air laut yang diperkirakan lebih dari dua meter pada hari ini, Senin (20/3/2017).

“Warga yang bermukim di kawasan pesisir pantai dan juga para nelayan tradisional diimbau agar waspada karena pasang air laut setinggi itu (dua meter atau lebih, red) dapat membahayakan keselamatan jiwa,” ujar staf Koordiator Unit Analis Kantor BMKG Kota Pangkalpinang, Rizki Adzani pada Minggu (19/3/2017).

Menurutnya, BMKG Pangkalpinang memprakirakan pasang air laut maksimum di atas dua meter dapat terjadi di beberapa lokasi, di antaranya di Sungailiat Kabupaten Bangka setinggi 2,24 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan setinggi 2,04 meter dan di Membalong Kabupaten Belitung setinggi 2,26 meter.

Selain itu, ketinggian maksimum pasang air laut juga diperkirakan akan terjadi di Muntok Kabupaten Bangka Barat dengan ketinggian sekitar 1,47 meter, Belinyu Kabupaten Bangka 1,54 meter, Tanjungpandan Kabupaten Belitung setinggi 1,56 meter dan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur setinggi 1,88 meter.

Karenanya, masyarakat yang tinggl di kawasan pesisir diharapkan untuk tidak memaksakan diri untuk beraktivitas di pantai yang terhubung dengan laut lepas, karena hal itu bisa sangat berbahaya.

“Ketingian pasag dapat berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca karena itu harus selalu waspada,” kata Rizki lagi.

Sementara itu, ketinggian gelombang laut jalur-jalur penyeberangan di daerah itu diprakirakan relatif aman. Seperti ketinggian gelombag di Selat Bangka, selatan Bangka dan tara Bangka berkisar antara 0,0 hingga 0,5 meter, di Selat Gelasa 0,25 hingga 0,75 meter dan di Selat Karimata berkisar antara 0,25 hingga 1,0 meter.

Sedangkan rata-rata kecepatan angin di jalur penyeberangan tersebut berkisar antara 8-35 kilometer per jam dan diperkirakan akan bergerak dari barat ke utara dan dari barat laut ke timur laut.

Untuk cuaca, hampir di seluruh daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan berawan dengan peluang hujan ringan hingga sedang. Rata-rata kecepatan angin di daratan di berkisar antara 6-24 kilometer per jam.

Angin tersebut diperkirakan akan bergerak dari barat ke utara dan barat laut ke timur laut dengan suhu sekitar 23-32 derajat celsius dan kelembaban udara berkisar 65-97 persen demikian dilansir Antara.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top