Data KTP-el Dijamin Keamanannya

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo. (Foto: Puspen Kemendagri)

zonalima.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kembali menegaskan bahwa seluruh data penduduk Indonesia disimpan dengan baik dan dijamin keamanannya.

“Secara prinsip, data penduduk secara statistik 254 juta penduduk ini ada di Kemendagri, termasuk data yang sudah merekam e-KTP, begitu juga dengan sidik jari, saya jamin aman,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo belum lama ini.

Menurut Mendagri, saat ini perekaman data KTP elektronik (KTP-el) telah mengalami perkembangan yang baik. Sekitar 96 persen lebih masyarakat Indonesia telah melakukan perekaman data KTP-el.

Selain itu, sudah banyak lembaga swasta maupun bursa efek yang bekerja sama dengan Kemendagri dalam pemanfaatan data KTP-el.

“Saat ini sudah ada 206 instansi pemerintah maupun swasta yang bekerja sama dengan Ditjen Dukcapil untuk mengakses data itu, seperti perbankan. Hampir semuanya, Polri untuk pembuatan SIM, BPJS, pajak, bea cukai, KPK, Bareskrim dan banyak lagi,” kata Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh.

Selain itu, dijelaskan juga bahwa kecanggihan dari KTP-el itu sendiri tidak diragukan oleh lembaga-lembaga yang memanfaatkannya. (*)

Terpopuler

To Top