Banjir, Lalu Lintas Bandung-Garut Dialihkan untuk Hindari Macet

man-headphones
Ilustras, warga menyeberangi jalan yang tergeang banjir akibat luapan Sungan Citarum, Kabupaten Bandung, Rabu (16/3/2017) lalu. (Foto: Antara/Novrian Arbi)

zonalima.com – Guna menghindari kemacetan pajang, pihak keplisian mengalikan jalur berkendara. Hal ini diakibatkan oleh banjir yang menggenangi badan Jalan Bandung-Garut, di kawasan industri Kahatex, Cimanggung, Kabupaten Sumedang dan Vonex, Rancaekek di Kabupaten Bandung hari ini, Senin (20//2017).

Menurut Kepala Polisi Sektor Cimanggung, Kompol Amin Taufan, sejumlah kendaraan dialihkan untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan dari arah Bandung menuju Garut. Pengaturan ini juga masih dilaksanakan secara bergantian.

Banjir yang menggenang wilayah tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur sejak Minggu (19/3/2017) malam dan menyebabkan air sungai dan selokan meluap hingga menggenangi badan Jalan Raya Bandung-Garut setinggi 40-50 centimeter.

“Banjir mengakibatkan arus lalu lintas Bandung-Garut terganggu, hanya kendaraan besar saja yang dapat melinas satu jalur dekat median jalan,” jelas Kompol Amin.

Karena hal tersebut, lalu lintas dari arah Cileunyi ke Garut dialihkan ke Jatinangor-Tanjungsari untuk keluar di Parakamuncang. Selain itu, kendaraan juga dialihkan ke Rancaekek-Majalaya hingga keluar di Cicalengka, kemudian arah sebaliknya dari Garut ke Bandung dialihkan ke Majalaya-Rancaekek.

Pengalihan ini juga tidak membuat perjalanan lantas menjadi lancar, pasalnya, jalur alternatif Parakamuncang dan Rancaekek juga mengalami kemacetan akibat arus lalu lintas dari dua arah. Sehingga pengguna jalan yang menghindari macet di kawasan industri Vonx dan Kahatex justru terkena macet di jalur alternatif.

“Tadinya mau menghindari macet, ternyata di Rancaekeknya macet juga. Dari Cicalengka ke Rancaekek dua setengah jam, padahal biasanya paling 30 menitan,” kata salah seorang warga Cicalengka, Bandung, Erni seperti dikutip dari Antara.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top