Perilaku Unik Lumba-Lumba, Bermain Shake and Toss Sebelum Memakan Makanannya

man-headphones
Lumba-lumba melempar dan menggoyang-goyangkan gurita yang akan dimakannya. (Foto: Kate Sprogis/Universitas Murdock)

zonalima.com – Gurita menjadi makanan yang sempurna bagi lumba-lumba, namun mereka juga berisiko mengalami kematian karena tersedak gurita.

Ahli boilogi kelautan di Autralia melakukan penelitian mengenai perilaku lumba-lumba yang rumit dimana mereka mengubah mangsanya yang besar menjadi potongan-potongan kecil sebelum memakannya.

Para peneliti terkejut melihat prilaku lumba-lumba yang difilmkan. Lumba-lumba itu terlihat menggoyang-goyangkan gurita dan melemparkannya di udara sebelum akhirnya memakan gurita tersebut.

Hasil temuan terkait perilaku makan lumba-lumba ini didapatkan setelah melakukan pengamatan selama beberapa waktu dan kemudian diterbitkan dalam jurnal Marine Mammal Science.

“Semua orang menghubungkannya dengan persiapan makanan laut,” kata penulis utama penelitian tersebut, Dr. Kate Sprogis kepada BBC.

“Mereka memiliki keterampilan untuk mempersiapkan makanan mereka,” lanjutnya.

Para peneliti mengatakan dalam jurnal tersebut bahwa hal itu merupakan salah satu cara yang digunakan lumba-lumba yang berkembang di perairan sekitar Australia untuk menyiapkan makanan mereka.

“Pertama mereka mengigit kepala kemudian menggoyang-goyangkan dan melempar sisa tubuhnya,” jelas Dr. Sprogis.

“Mereka harus melakukannya karena itu adalah gurita dan cukup besar, dan mereka tidak bisa memakannya dalam satu potongan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kalau hal tersebut dilakukan untuk mencegah tentakel lumba-lumba menempel ke tubuh lumba-lumba itu sendiri.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Murdock dan Universitas Monash, demikian dilansir BBC.

Baca juga beirta aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top