Pakistan: Bom Bunuh Diri Targetkan Pekerja Sensus Lahore

man-headphones
Enam orang tewas dan lebih dari 20 orang lainnya tewas dalam ledakan di Lahore. (Foto: AFP)

zonalima.com – Sedikitnya enam orang tewas dalam sebuah serangan bom bunuh diri yang diduga menargetkan pekerja sensus dan pengawalan keamanan mereka di Kota Lahore, Pakistan.

Empat dari enam korban tewas diketahui sebagai tentara, sementara lebih dari 20 orang lainnya mengalami luka akibat serangan bom bunuh diri tersebut.

Sebelumnya, diketahui bahwa sebuah tim akan melakukan sensus pertama di Pakistan setelah hampir 20 tahun menjadi sasaran dalam konflik.

Namun ditengah proses sensus, serangan pembomam terjadi yang diduga dilakukan oleh gerilyawan yang memang telah melakukan banyak serangan selama beberapa pekan terakhir. Taliban Pakistan mengatakan kalau pihaknya bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Ledakan bom bunuh diri itu terjadi di Jalan Bedian yang telah ditutup. Hingga saat berita ini diturunkan, belum diketahui apakan dua orang lainnya yag tewas merupakan petugas sensus atau warga sekitar. Sementara pasukan keamanan sendiri diketahui telah sering menjadi target serangan.

Dalam sebuah pernyataan, Taliban mengatakan kalau serangan itu dilakukan dalam upaya balas dendam terhadap aparat keamanan. Diketahui kalau para militant itu telah kembali melakukan operasi militer di wilayah utara-barat.

Pada Februari lalu, kelompok Taliban diketahui telah melakuka sebuah serangan bom di Lahore dan menewaskan 13 orang serta melukai lebih dari 80 orang lainnya.

Beberapa hari setelahnya, serangan bom bunuh diri kembali terjadi di sebuah kuil di sebelah selatan Kota Sehwan dan diklaim oleh ISIS, laporan polisi menyebutkan bahwa 90 orang tewas dalam serangan tersebut demikian dilansir BBC.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top