Jaga Keberagaman, Keutuhan NKRI Menjadi Tanggung Jawab Bersama

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo dalam Musyawarah Nasional DHN di Hotel Aryaduta, Rabu (6/4/2017). (Foto: Kemendagri)

zonalima.com – Salah satu tanggung jawab warga negar Indonesia adalah menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karenanya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak semua komponen negara untuk menyadari arti keberagaman.

Menurut Mendagri Tjahjo, jika keberagaman di Indonesia diianggap sebagai sikap saling membenci maka ini akan menjadi kekuatan untuk menghancurkan NKRI. Ia menjelaskan, bahwa pada prinsipnya, Bhineka Tinggal Ika harus dipandang secara positif sehingga bisa memberikan dampak yang juga positif.

“Bila keberagaman menimbulkan suatu kebencian, dapat menjadi kekuatan yang dapat menghancurkan NKRI. Ini tanggung jawab besar sebagai bangsa,” ungkap Mendagri saat penutupan acara Musyawarah Nasional Dewan Harian Nasional (DHN) di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (6/4/2017).

Lebih lanjut lagi, Mendagri mengatakan bahwa kita perlu mengenang jasa para pahlawan dan menekankan untuk kembali semangat menjaga keutuhan NKRI.

“Mari kita kenang perjuangan pahlawan. Semangat pertempuran bagaikan api tak padam. Perjuangan ini belum usai,” ucap Mendagri lagi.

Hal ini karena menurut Mendagri, selama 71 tahun usia kemerdekaan Indonesia, masih ada masalah-masalah yang belum terselesaikan. Karenanya, perhatian dari seluruh pihak sangat diperlukan. Misalnya terkait dengan angka kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan sosial.

“Kemakmuran berkeadilan harus terus kita perjuangkan. Akhirnya semangat 45 adalah semangat yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Maka dari itu kita wajib mengingatkankepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Maka dari itu wajib mengingatkan rasa solidaritas bangsa,” tandasnya seperti dilansir laman Kemendagri.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top