Jaringan Lemot Sampai Listrik Padam, UNBK Mundur Hingga Tiga Jam

man-headphones
Ilustrasi UNBK. (Foto: Dipoenglish.net)

zonalima.com – Pelaksanaan ujian nasional berbasis computer atau UNBK di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terpaksa mundur hingga tigam karena listrik yang padam secara tiba-tiba dan diperparah dengan tidak adanya genset di sekolah tersebut.

Retno Listyarti selaku Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) mengatakan kalau sebagian sekolah di Dompu dan Bima mengalami pemadaman listrik pada pukul 09:15 WIB dan baru hidup kembali sekitar pukul 12 siang, hal ini menyebabkan ujian baru dimulai pukul 12:00 WIB.

Tidak hanya di dua daerah tersebut, pemadamam listrik juga terjadi di Mataram sejak pukul 11:30 dan baru menyala kembali pada pukul 14: 00 WIB.

“Di Lombok, saat banyak sekolah yang tidak muncul soalnya, server di offline dari pusat, -kemungkinan ada treat penanganan. Sekolah menunggu, tetapi pas server online, listrik padam,” ungkap Retno pada Jumat (7/4/2017).

Retno juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan UNBK di sekolah yang menggunakan genset justru berjalan lancar. Seperti di SMKN 1 Labuapi, dari hari pertama menggunakan genset, tidak menggunakan listrik dari PLN, tapi UNBK  berjalan lancar.

Hal sama juga terjadi di SMKN 1 Sambelia Lombok Timur yang menggunakan genset dari hari pertama hingga hari keempat dan semua prosesnya berjalan lancar.

Sementara itu, jaringan sempat mengalami gangguan sehingga berjalan lambat pada hari keempat sehingga siswa tidak bisa login bahkan karena masalh tersebut, UNBK di SMKN 1 Sekoton belum dimulai hingga pukul 08:30 WIB.

“Kemarin saat UNBK terakhir, beberapa siswa yang tidak keluar soalnya ada yang bisa login dan ada yang tidak bisa login kembali. Yang tidak bisa login dipastikan akan UNBK ulang SMK yang dijadwalkan 17-18 April 2017,” pungkas Retno seperti dilansir Jpnn.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top