Tabrakan Terjadi Antara KM Rokan Permai dengan KM Samudra Biru di Sungai Kapuas

man-headphones
Ulustrasi kapal ternggelam. (Foto: Antara/Insan Faizin Mubarak)

zonalima.com – Tabrakan antara KM Rokan Permai yang bermuatan kernel dengan KM Tanker Samudra Biru 168 yang bermuatan BBM pertalite dan pertamax sekitar 32 ribu kiloliter terjadi di Sungai Kapuas pada Jumat (7/4/2017) dini hari sekitar pukul 00:30 WIB.

“Kejadian tabrakan yang mengakibatkan KM Samudra Biru 168 terbakar tersebut terjadi tepatnya di depan TP. Era Jaya kilometer 10, Desa Wajok Hulu, Kecamatan Siantan, Kabuaten Mempawah,” kata Kepala Sub Bidang Humas Polda Kalimantan Barat, AKP Cucu Safiudin di Pontianak.

Lebih lanjut lagi, ia menjelaskan kalau KM tanker yang membawa BBM tersebut mengalami kebakaran akibat kecelakaan tabrakan di air tersebut. terdapat 22 awak ABK dalam KM tanker tersebut beserta pandu kapal yang di pimpin oleh seorang nahkoda bernama Ishak, serta juru kemudi bernama Junaidi.

Sementara itu, terdapat 16 orang ABK dia atas KM Rokan Permai, serta satu pemandu yang dipimpin oleh nahkoda bernama Johanis Viani Rambing dan dikemudikan oleh Fajri S.

Berdasarkan kesaksian nahkoda atau awak KM Rokan Permai, kecelakaan air itu terjadi karena kemudi kapal tidak berfungsi lagi dan kapal mengarah ke kanan dari Pontianak-Dumai dan dari arah berlawan ada KM Samudra Biru 168, karena jarak yang terlalu dekat tabrakan pun tak terelakan.

Untuk memadamkan api akibat tabraka tersebut, sebuah tim gabungan dari anggota Satpolair Polres Mepawah, Patroli Pam Alur Ditpolair Polda Kalbar dan Polsek Siantan serta tim pemadam kebakaran pun dikerahkan.

Cucu menambahkan kalau tidak ada korban jiwa dalam keselakaan tersebut, semua ABK dari kedua kapal selamat dan telah dievakasi. Hingga saat berita ini diturunkan, api belum bisa di padamkan, demikian dilansir Antara.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top