Perompakan Somalia: Beberapa Kru Kapal Disandera

man-headphones
Peta Somalia. (Foto: BBC)

zonalima.com – Pasukan keamanan Somalia telah berhasil menyelamatkan sebuah kapal kargo India yang dibajak oleh perompak awal bulan April ini, namun para pembajak mengambil dan menyandera sembilan dari sebelas orang kru yang mencoba melarikan diri ke darat.

Mereka diduga ditahan di Kota Hobyo. Kapal bernama Al Kausar itu merupakan satu dari tiga kapal yang dibajak setelah lima tahun terakhir tidak ada pembajakan.

Mohammed Hashi Arabey, selaku wakil presiden negara Galmudug mengatakan bahwa dua awak kapal berhasil diselamatkan dari mobil yang ditinggalkan oleh para perompak dalam pengejarannya di darat. Para pembajak mengatakan kalau mereka akan tetap berupaya untuk membebaskan lebih dari 100 orang temannya yang saat ini ditahan di penjara India.

Pembajakan dan perompakan di perairan Somalia dan Yaman mencapai puncaknya pada tahun 2011 lalu ketika lebih dari 200 serangan terjadi. Namun hal itu menurun secara signifikan selama beberapa tahun terakhir di mana sebagian karena adanya patrol militer internasional yang didukung oleh nelayan lokal.

Namun demikian, beberapa faktor diketahui menjadi pendorong bergabunganya nelayan pesisir Somalia dengan para perompak seperti kelaparan, kemiskinan dan kebutuhan pekerjaan bagi kaum mudanya, demikian dilansir BBC.

Baca juga beirta aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top