Mendagri Tekankan Pentingnya Konsistensi Dalam Pembangunan

man-headphones
Medagri Tjahjo Kumolo dalam pembukaan Musrenbang Jawa Barat di Bandung, Kamis (13/4/2017). (Foto: Kemendagri)

zonalima.com – Dalam pembukaan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2018, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan pentingnya konsistensi dalam merencanakan pembangunan yang ada di daerah.

Dengan konsistensi dalam perencanaan pembangunan tersebut, menurut Tjahjo, hal itu dapat mewujudkan pembangunan yang berkualitas di daerah tersebut.

“Daerah harus memperhatikan aspek konsistensi, baik konsistensi antardokumen perencanaan maupun konsistensi dokumen perencanaan dengan dokumen penganggaran,” kata Tjahjo dalam pembukaan Musrenbang Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Bandung, Kamis (13/4/2017).

Tjahjo menjelaskan perencanaan dan dokumen penganggaran dimasudkan untuk mewujudkan pembangunan daerah yang terencana dengan baik. Jika sudah terencana dengan baik dan memiliki akuntabilitas tinggi, maka akan mampu mencapai target pembangunan nasional.

Selain itu, di samping konsistensi, Provinsi Jabar juga diminta untuk tetap fokus dalam pembangunan. Dan setiap pengambilan kebijakan politik pembangunan harus melibatkan DPRD dan semua elemen masyarakat.

“Fokus daerah harus jelas dalam pembangunan, setiap perencanaan harus dimatangkan dengan DPRD, ini mitra strategis daerah. Input dari seluruh elemen masyarakat,” kata Tjahjo.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan salah satu tujuan diadakannya Musrenbang adalah untuk menyelaraskan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan pemerintah pusat. Dan salah satu yang menjadi perhatian pemerintahannya adalah percepatan pembangunan sumber daya manusia.

“Skema pembangunan 2018 ada percepatan pembangunan manusia, meningkatkan daya saing masyarakat. Mudah-mudahan Jabar menyiapkan lebih baik sehingga 29 ribu pegawai lebih gembira karena penghasilannya lebih naik,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top