Mendagri Perintahkan Kepala Daerah Gelar Upacara HUT Otda XXI

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo. (Foto: zonalima.com)

zonalima.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memerintahkan seluruh kepala daerah, baik gubernur, bupati, maupun wali kota menggelar upacara peringatan HUT Otonomi Daerah (Otda) ke XXI tahun 2017 di daerah masing-masing. Perintah Mendagri itu tertuang dalam surat kawat Nomor 019.1/1905/SJ yang ditandatangani pada 20 April 2017.

“Diminta kepada saudara untuk menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati HUT Otda ke XXI pada tanggal 25 April 2017 di masing-masing daerah,” bunyi surat kawat Mendagri tersebut.

Upacara HUT Otda ini, jelas Mendagri, dalam rangka implementasi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah.   

“Tanggal 25 April telah ditetapkan sebagai sebagai Hari Otonomi Daerah dan diperingati setiap tahun dengan tujuan untuk merefleksikan kembali makna kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah yang telah dilaksanakan sejak tahun 1999,” tulis Mendagri.

Mendagri pun memerintahkan gubernur, bupati, dan wali kota untuk menjadi pembina upacara dalam peringatan HUT Otda ke XXI di daerah masing-masing pada 25 April 2017 mendatang. Bagi kepala daerah yang berhalangan, maka pembina upacara dapat diwakilkan kepada wakil kepala daerah.

Daerah, tulis Mendagri, juga dapat menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyemarakkan HUT Otda tahun ini.    

“Diimbau kepada seluruh Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota agar dapat merangkainya dengan berbagai kegiatan yang relevan, sederhana, dan bermanfaat bagi daerah dan masyarakat sesuai dengan kemampuan daerah,” tulisnya. (*)

Terpopuler

To Top