Surabaya, Memperindah Kota Dengan Merevitalisasi Sungai dan Taman

man-headphones
Ilustrasi revitalisai sungai di Kota Surabaya. (Foto: surabaya.go.id)

zonalima.com – Banyak pihak mengakui keindahan dan kenyamanan Kota Surabaya. Surabaya yang dulu dikenal banyak tempat kumuh dan kotor, seperti sungai dan taman, kini berubah menjadi tempat-tempat yang indah, nyaman, dan bersih.

Kepiawaian Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam menata keindahan Kota Surabaya memang patut diacungi jempol. Kecermatan dan kelihaian Tri Rismaharini dalam mengelola pemerintahan di Surabaya pun tak diragukan lagi. Beberapa waktu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berhasil meraih predikat dan penghargaan sebagai salah satu kota berkinerja penyelenggaraan terbaik dalam perayaan Hari Otonomi Daerah ke XXI di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), 25 April 2017.

Dalam buku berjudul “Pengalaman Praktek Terbaik Otonomi Daerah di Indonesia – 2017” yang diterbitkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dituliskan bahwa salah satu program Pemkot Surabaya mewujudkan Surabaya yang indah adalah dengan merevitalisasi Sungai Kalimas. Revitalisasi dilakukan dengan menertibkan bangunan liar di sepanjang bantaran sungai. Gundukan sampah yang nyaris memenuhi kali juga dibuang sehingga aliran sungai menjadi lancar.

Revitalisasi Sungai Kalimas tak sekadar dilakukan hanya dengan membersihkan sungai, namun juga membangun kesadaran masyarakat yang bermukim di bantaran sungai akan pentingnya sungai yang bersih. Sungai harus bersih, jika tidak maka masyarakat akan berhadapan dengan kekumuhan selama-lamanya.

Selain merevitalisasi sungai, Pemkot Surabaya juga membangun aneka taman untuk menghilangkan kesan kekumuhan di Kota Surabaya. Taman-taman itu dibangun dengan berbagai konsep. Taman-taman yang dibangun itu diantaranya Taman Prestasi, Taman Ekspresi, Taman BMX dan Skate, Taman Jayengrono, Taman Keputran, dan Taman Ngagel. Di sisi lain, keberadaan taman bukan sekadar tempat melepas penat, namun juga bisa dijadikan tempat menyalurkan hobi atau mengasah kemampuan. (*)

Terpopuler

To Top