Tidak Dipercaya Donor, Plan International Indonesia Diisukan Bangkrut

man-headphones
Ilustrasi FB Plan International Indonesia (Foto: zonalima.com)

zonalima.com - Plan International Indonesia, lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang perlindungan anak di Indonesia ini dikabarkan nyaris bangkrut.

“Negara-negara donor diisukan mulai tidak mempercayai kinerja Plan Indonesia, sehingga donasi dari mereka terus berkurang. Hingga akhirnya diputuskan, Plan Indonesia dalam waktu dekat akan berubah menjadi LSM lokal,” kata sumber mantan karyawan Plan Indonesia, Kamis (11/05/2017).

Ketidakpercayaan donor terhadap Plan International Indonesia ini antara lain karena ketidaksiapan sumber daya manusia Plan Indonesia dalam memulai sebuah proyek, low spending budget, lemahnya advokasi dengan pemerintah, banyaknya perubahan yang terjadi di lingkungan internal berdampak pada implementasi proyek, hingga fraud (penyelewengan) yang kerap menghiasi proyek-proyek garapan LSM.

Selain soal kinerja yang buruk dalam perlindungan anak, faktor ekonomi global yang tengah sulit ditengarai juga menjadi alasan mengapa Plan International Indonesia yang berdiri sejak tahun 1969 ini akan dikerdilkan jadi LSM lokal.

“Buntut dari kebijakan ini, karyawan Plan Indonesia resah. Pasalnya, perubahan status kelembagaan ini membuat restrukturisasi organisasi. Banyak karyawan yang akan dirumahkan tanpa kepastian waktu dan pesangon,” tutur sumber.

Namun, saat dikonfirmasi wartawan, Marketing and Fundrising Director Plan Indonesia, Susy Darmayanti membantah kabar tersebut.

“Tidak, tidak ada perubahan. Dan tidak ada karyawan yang dirumahkan,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top