Hati-Hati, Terlalu Banyak Kafein Tidak Baik untuk Tubuh

man-headphones
Beberapa jenis minuman berenergi yang mengandung kafein, ilustrasi. (Foto: Getty Images)

zonalima.com – Seorang remaja AS tewas setelah meminum tiga jenis minuman berkafein dalam rentang waktu sekitar dua jam. Berdasarkan penjelasan petugas forensik, diduga bahwa hal itu memicu kerja jantung secara berlebihan.

Bagaimana kafein bisa menjadi sesuatu yang berbahaya bagi tubuh? Berdasarkan lansiran BBC, dikatakan bahwa kafein adalah stimulant yang dapat bekerja pada sistem saraf pusat tubuh dalam beberapa menit dan meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi rasa kantuk.

Namun demikian, kafein juga memiliki dampak lain, yakni meningkatkan denyut jantung, tekanan darah tinggi, tdetak jantung menjadi tidak teratur, tremor (kejang), kegelisahan, insomnia dan serangan panik.

Tidak hanya itu, setelah Anda meminumnya, maka dibutuhkan waktu selama beberapa jam untuk bisa membersihkannya dari sistem tubuh Anda.

Meminum beberapa cangkir kopi atau minuman berkafein lainnya mungkin masih aman, namun jika dimunum dalam jumlah berlebih dan dalam waktu yang berdekatan bisa sangat beresiko bagi tubuh karena anda bisa kelebihan kafein dan berisiko kematian.

Sebanyak 400 miligram kafein dalam sehari adalah batas maksimal yang disarankan. Jumlah ini setara dengan sekitar empat cangkir kopi atau 10 kaleng cola atau dua minuman berenergi (kandungan bisa berbeda dalam setiap jenis munuman berenergi).

Selain itu, remaja dan ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari yang disarankan sementara anak-anak dilarang sama sekali.

Beberapa hal yang diakibatkan jika kelebihan kafein antara lain, sakit kepla, insomnia, cemas, mudah tersinggung, gelisah, masalah pencernaan, denyut jantung yang meningkat hingga kejang otot, demikian dijelaskan ileh Michelle Roberts, editor kesehatan dalam laman BBC.

Baca berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top