Bersama KPU-Bawaslu, Kemendagri Akan Bahas Kesiapan Anggaran Pilkada 2018

man-headphones
Ilustrasi (Foto: Antara)

zonalima.com – Guna mendukung kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggelar pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pertemuan ini khusus membahas persoalan kesiapan anggaran penyelenggaraan Pilkada oleh daerah yang menggelar Pilkada tahun depan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pertemuan dengan KPU dan Bawaslu tersebut rencananya akan digelar bulan depan. Selain KPU dan Bawaslu, pertemuan itu nantinya juga akan dihadiri perwakilan 171 daerah yang menggelar.

“Dalam waktu dekat Kemendagri akan undang daerah 171 daerah yang akan Pilkada. Sekarang disisir dulu mana yang perlu dan mana yang tidak,” kata Tjahjo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah, anggaran Pilkada menjadi tanggung jawab daerah. Oleh karena itu, kesiapan anggaran Pilkada harus benar-benar dipastikan kesediaannya agar tidak mengganggu keserentakan jalannya Pilkda 2018.

“Pengalaman sebelumya tidak ada masalah meskipun memang seret (anggaran dari daerah),” tutur Tjahjo seperti dilansir www.kemendagri.go.id.

Sebagai langkah antisipasi ke depan, lanjut Tjahjo, ada baiknya bila daerah mulai menabung dana kebutuhan Pilkada beberapa tahun sebelumnya. Hal ini akan dibahas intensif dengan daerah.

“Tidak semua daerah mulai nabung dengan mencicil biaya Pilkada. Tentu akan merasa berat. Kita akan proaktif sejak awal. Kebanyakan daerah tidak nabung,” ujar Tjahjo. (*)

Terpopuler

To Top