Presiden Jokowi Lantik Enam Dubes

man-headphones
Presiden Jokowi melantik enam Dubes LBBP RI untuk negara sahabat, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017). (Foto: setkab.go.id/Jay)

zonalima.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo  melantik enam duta besar (dubes) RI untuk negara sahabat di Istana Negara,  Jakarta, Kamis (18/5/2017).  Pelantikan keenam dubes itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 57P Tahun 2017 tentang pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia, yang ditetapkan di Jakarta pada 17 Mei 2017.

Keenam dubes yang baru dilantik tersebut adalah

Rusdi Kirana (Dubes RI untuk Malaysia), Adityawidi Adiwoso (Dubes RI untuk Slovakia), Shudarto Reza Suryodipuro (Dubes RI untuk Republik India merangkap Kerajaan Bhutan), Ferry Adamhar (Dubes RI untuk Republik Yunani), Rina Soemarno (Dubes RI untuk Bangladesh merangkap Republik Demokratik Nepal), dan Radlan Pardede (Dubes RI untuk Republik Persatuan Tanzania merangkap Republik Burundi, Republik Rwanda, dan Uni Comoros).

Terpisah, dilantik sebagai Dubes RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana berjanji akan memprioritaskan penanganan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), baik yang legal maupun ilegal. Terutama, Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang jumlahnya sangat banyak di negara tersebut.

“Saya salah satu keinginan saya menjadi Dubes di Malaysia, yang seperti kita bilang tidak mudah, kembali saya terpanggil untuk mengurusi bukan hanya TKI ilegal, tetapi adalah tenaga kerja wanita. Karena perlu diketahui, tidak ada siapa pun di dunia ini yang menginginkan anaknya bekerja di luar negeri, terutama yang non formal,” kata Rusdi.

Mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden ini mengaku dirinya memang sengaja meminta agar ditempatkan sebagai Dubes RI di Malaysia.

“Saya bilang kalau satu hari, saya mau mengurusi tenaga kerja wanita karena bagi saya sekali lagi itu hal yang terpaksa dilakukan oleh keluarga untuk mencari nafkahnya. Itu salah satunya,” ujar Rusdi seperti dilansir www.setkab.go.id. (*)

Terpopuler

To Top