Dana Desa Tahun 2017 Rp60 Triliun, Presiden Jokowi Minta Dikelola Hati-Hati

man-headphones
Presiden Jokowi menyampaikan arahan tentang Dana Desa pada Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2017 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017). (Foto: setkab.go.id/Agung)

zonalima.com – Pemerintah terus meningkatkan alokasi anggaran untuk Desa. Tahun ini, alokasi Dana Desa mencapai Rp60 Triliun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Dana Desa dikelola secara hati-hati agar memberikan hasil yang baik.

“Meningkatnya sangat besar sekali. Tetapi hati-hati mengelola uang sebesar ini juga tidak mudah,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah 2017 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Alokasi Dana Desa dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2015, alokasi Dana Desa hanya sebesar Rp20 triliun. Selanjutnya, pada tahun 2016 ditingkatkan menjadi Rp47 triliun dan tahun ini Rp60 triliun.

Uang Rp60 triliun itu, jelas Presiden Jokowi kepada para kepala desa tidaklah sedikit. Uang sejumlah itu bisa menjadikan desa baik, tapi juga bisa menjadikan kepala desa tersangka kalau tidak baik cara-cara pengelolaannya.

“Saya berharap Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) bisa mengawal, mengawasi, mengecek, mengontrol, agar nanti ada output dan outcome yang baik, ada outcome,” tutur Presiden Jokowi seperti dilansir www.setkab.go.id.

Kepala Negara pun meminta agar dibangun sebuah aplikasi sistem keuangan desa yang simpel dan sederhana. Aplikasi sistem keuangan desa itu penting sekali untuk segera diimplementasikan sehingga ada transparansi, ada pertanggungjawaban yang betul-betul konkret dan riil.

“Yang paling penting simpel tapi gampang dicek, gampang dikontrol, gampang diawasi. Prinsipnya begitu. Tidak perlu laporan bertumpuk-tumpuk tapi uangnya hilang entah untuk apa,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top