Juknis Kinerja Pejabat Adminduk Diterbitkan

man-headphones
Ilustrasi pejabat administrasi kependudukan. (Foto: Kemendagri)

zonalima.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan akan menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) Penilaian Konerja Pejabat yang mengurusi Administrasi Kependudukan (Adminduk) di provinsi dan kabupaten/kota.

Hal ini dilakukan untuk menjalankan amanat yang terkadung dalam Pasal 83A ayat 2 Undang-undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

Juknis terseut tertuang dalam Kepmendagri No. 100-1077 Dukcapil Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teksni Penilaian Kinerja Pejabat pada Unit Kerja yang menangani urusan administrasi kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota.

Dijelaskan juga bahwa berdasarkan Kepmendagri ini maka penilaian kinerja pejabat pada unit tesebut akan dilakukan secara sistematis oleh pejabat penilai terkait capaian kinerja pelayanan bidang administrasi kepenudukan pada masyarakat.

Beberapa prinsip penilaian tersebut, antara lain; objektif, yaitu penilaian terhadap pencapaian prestasi kerja sesuai dengan keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau penilauan subjektif dari pejabat pebilai.

Kedua, terukur, yakni peilaian prestasi kerja yang bisa diukur secara kuantitatif dan kualitatif. Ketiga, akuntabel yaitu seluruh proses dan hasil penilaian kinerja bersifat terbuka dan tidak bersifat rahasia.

Seluruh penilaian tersebut bertujuan untuk; pertama, pembinaan dan peningkatan karir. Kedua, penjamin objektivitas, akuntabilitas dan transparansi yang dilakukan secara terukur berdasarkan pada sistem prestasi dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat, dan ketiga meningkatkan motivasi, prestasi dan produktivitas kerja, demikian seperti dilansir laman Kemendagri.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top