Inovasi Tekan HP, Akta Jadi di Jayapura Memepermudah Pengurusan Dokumen

man-headphones
Ilustrasi, inovasi pmbuatan dokumen kependudukan di Jayapura. (Foto: Kemendagri)

zonalima.com – Inovasi ‘Layangan Tekan HP, Akta Jadi’ milik Kota Jayapura telah memberikan kemudahan bagi warga dalam mengurus berbagai dokumen kependudukan berupa akta, seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian, Perkawinan dan Perceraian serta SKPWNI (Pindah Datang).

Warga bisa mendapatkan layanan ini cukup dengan mengakses website www.lampiddukcapil.jayapurakota.co.id dengan menggunakan HP atau perangkat ponsel pintar mereka.

Caranya cukup mudah, untuk mendapatkan akta kelahiran misalnya, warga cukup menekan menu Pencatatan Sipil, pilih data kelahiran, pilih persyaratan yang dibutuhkan dan selanjutnya kembali ke menu awal.

Setelah itu, lanjutkan dengan menekan menu pendaftaran Akta Kelahiran, masukan nomor Kartu Kelarga (KK) lalu simpan data kedua orang tua, selanjutnya data bayi dengan melengkapi nama bayi dan jenis kelamin. Selanjutnya, isi data saksi, kemudian tekan simpan. Selanjutnya amplop kelengkapan dokumen persyaratan yang ditentukan.

Kemudian surat nikah orang tua, apabila sudah mengambil kelengkapan dokumen selanjutnya akan muncul registrasi nomor pendaftaran, nomor registrasi sebagai bukti sah untuk mengambil akta yang sudah jadi di Kantor Dinas Dukcapil.

Dan untuk mengetahui berkas tersebut sudah sukses atau belum, warga bisa mengeceknya pada menu monitoring dengan memasukan nomor registrasi awal dan tanggal registrasi, demikian dilansir laman Kemendagri.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top