Menara Tengkorak Manusia Milik Suku Aztec Ditemukan di Meksiko

man-headphones
Tengkorak tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2015 lalu. (Foto: Reuters)

zonalima.com – Cerita mengenai menara tengkorak yang membuat ketakutan pada conquistador Spanyol telah diturunkan dari generasi ke generasi di Meksiko.

Dalam kisah tersebut disebutkan bahwa kepala dari tentara yang kalah dalam perang, dalam catatan kontemporer disebutkan terdapat puluhan ribu tengkorak disusun menjulang hingga membentuk menara, dibuat untuk mengingat apa yang akan tejadi jika tidak menaklukan wilayah.  

Selama sekitar 500 tahun setelahnya, tengkorak tersebut tetap tersusun rapih tidak terusik di dalam tanah yang dulunya diketahui merupakan Ibu Kota Aztek, Tenochtitlan dan sekarang lebih dikenal sebagai Mexico City atau Kota Meksiko.

Sekitar dua tahun lalu, sekelompok arkeolog berusaha dengan keras untuk mengungkap rahasia yang ada pada menara tengkorak tersebut. Dan apa yang mereka temukan sangat mengejutkan karena di antara tengkorak-tengkrak tersebut ditemukan tengkorak wanita dan anak-anak.

“Kami mengira hanya pria, tentu saja pria muda seperti prajurit dan wanita dan anak-anak tidak tepikirkan kalau mereka akan berperang,” kata Rodrigo Bolanos, salah seorang antropolog yang menyelidiki temuan tersebut.

“Ada sesuatu yang terjadi, yang kita tidak catat. Dan ini benar-benar baru dan pertama kalinya,” lanjutnya.

Sejauh ini diketahui kalau para arkeolog berhasil menemukan sekitar 676 tengkorak di sebuah situs di sebelah barat Katedral Metropolitan City, Meksiko yang dibangun di atas Templo Mayor, salah satu Kuil Aztec yang paling penting. Hingga saat ini pusatnya belum ditemukan namun diperkirakan akan ditemukan lebih banyak lagi tengkorak.

Mereka, para tengkorak tersebut, diyakini merupakan bagian dari Tzompantli Huey, sebuah rak tengkorak berdiameter sekitar 60 meter yang berdiri di sudut kapel Huitzilopochtli, dewa matahari Aztec, perang dan pengorbanan manusia.

Para arkeolog mengatakan kalau mereka yakin itu adalah satu rak atau tzompantli yang digambarkan oleh tentara Andres de Tapia yang menemani Hernan Cortes dalam penaklukan yang berlangsung pada tahun 1521 di Meksiko.

Diketahui bahwa Cortes mendarat di Veracrus, pantai timur Meksiko sekitar tahun 1519 dan dua tahun kemudian bersekutu dengan pasukan suku pribumi lainnya untuk merebut ibu kota Aztec, demikian dilansir BBC.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top