Seorang Wanita Selandia Baru Tewas Akibat Ledakan Mesin Jet

man-headphones
Wanita terlempar akibat ledakan udara pesawat, foto menunjukan saat sebuah pesawat akan mendarat di Sint Maarten. (Foto: Bandara Princess Juliana)

zonalima.com – Seorang wanita Selandia Baru meninggal dunia di wilayah Sint Maarten, Karibia setelah ledakan dari mesin jet yang kuat menghempas dirinya ke tanah.

Insiden tersebut terjadi di Bandara Iternasional Princess  Juliana yang yerkenal yang terletak hanya beberapa meter dari pantai. Dari pantai tersebut, orang-orang bisa berjalan ke pagar bandara saat pesawat lepas landas.

Terkait kejadian ini, pihak kepolisian mengatakan kalau korban adalah seorang wanita berusia 57 tahun. Ia diketahui perpegang pada pagar pembatas pantai dengan area bandara sebelum akhirnya kekuatan mesin jet menghempas tubuhnya ke belakang.

Akibat insiden tersebut, wanita itu menderita luka serius an segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, namun akhirnya ia meninggal dunia.

Beberapa pantai sangat terkenal di Belanda, terutama karena pesawat terbang sangat rendah di atas pasir sebelum akhirnya mendarat di bandara.

Awalnya, landasan pacu berjarak sekitar 50 meter dari pagar di Pantai Maho, atau kita-kita jaraknya sama dengan garis air. Terdapat peringatan keras yang menginstruksikan pengunjung pantai untuk tidak berdiri di dekat pagar karena ledakan udara dari mesin pesawat sangat berbahaya.

Namun terlepas dari bahayanya, sejumlah video yang beredar secara online menunjukan wisatawan berpegangan pada pagar pembatas agar tidak terdorog atau terpental, dalam beberapa kasus dilaporkan mereka masuk ke area landasan.

Terkait hal ini, Rolando Brison selaku Direktur Pariwisata pulau tersebut megatakan kalau pihaknya telah berbicara kepada keluarga korban.

“Saat bertemu dengan keluarga korban, mereka mengatakan kalau mereka sadar yang dilakukan oleh korban adalah hal yag salah, terlebih telah ada peringatan bahaya yang terpasang jelas. Mereka menyesali bahwa risiko yang mereka ambil berakhir sangat buruk,” kata Brison.

Sementara itu, berdasarkan surat kabar setempat diketahui bahwa pesawat yang lepas landas adalah Boeing 737 yang merupakan sebuah pesawat komersial besar. Sejumlah laporan mengatakan kalau korban membentur beton saat ia terpental akibat ledakan angin pesawat tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, pihak kepolisian setempat mengatakan bahwa mereka mengunjungi daerah tersebut unuk mencegah wisatawan berpegang pada pagar landasan pacu.

“Pendaratan dan pelepasan semua jenisa dan ukuran pesawat terbang di bandara internasional Sint Maarten terkenal di seluruh dunia sebagai tempat wisata utama,” kata polisi.

“Banyak wisatawan datang ke pulau ini untuk mengalami sensasi pendaratan pesawat yang terbang di atas kepala mereka dan berpegang pagar bandara dan berdiri di jet blast pesawat besar yang lepas landas. Melakukan hal ini sangat berbahaya,” lanjutnya, seperti dilansir BBC.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top