Gambar Pertama Pesawat Tak Berawak Jepang dari ISS

man-headphones
Internal Ball Camera. (Foto: EPA)

zonalima.com – Badan Antariksa Jepag telah merilis gambar pertaman yang diambil oleh pesawat tak berawak (drone) yang beroperasi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Drone yang disebut sebagai Internal Ball Camera itu dikirim untuk mengambil gambar dan video pekerjaan para astronot. Drone tersebut bisa melayang dilingkungan tanpa gravitasi dan dapat dioperasikan dari bumi.

Bola mungil itu yang bisa melayang itu telah memberikan jendela baru untuk melihat kehidupan di ISS.

Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang atau JAXA mengatakan kalau drone tersebut dikirim ke ISS pada awal Juni lalu. Namun gambar dan video pertama baru dirilis sekarang. Mereka menjelaskan bahwa drone tersebut dapat melayang di mana saja dan kapan saja dalam daerah jangkauannya dan mengambil gambar serta merekam video dari sudut mana pun.

Lebih lanjut mereka menjelaskan bahwa tujuan dari pengiriman drone tersebut cukup sederhana, yakni untuk mengambil gambar dan video yang saat ini hanya dilakukan oleh para astronot sendiri saat mereka mendokumentasikan pekerjaan dan eksperimen mereka.

Menurut JAXA, saat ini baru sekitar 10 persen dari waktu kerja mereka yang terpakai. Mereka mengatakan kalau pengiriman gambar dilakukan secara real time, dan hal ini memungkinkan pengendali drone dan penelitik di lapangan bisa memeriksa dan melihat hasil kerja para kru dari sudut pandang yang sama dengan pada awak ISS, demikian dilansir laman BBC.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top