Nigeria: 40 Orang Tewas dalam Pertempuran dengan Boko Haram

man-headphones
Militer Nigeria telah memerangi pemberontak sejak 2019. (Foto: AFP)

zonalima.com – Diketahui, lebih dari 40 orang tewas dalam sebuah upaya peyelamatan orang-orang yang terjebak dalam serangan yang dilakukan oleh kelompok militant Boko Haram.

Para prajurit pemerintah dan kelompok militant tewas dalam kejadian tersebut, lima orang diantaranya diduga merupakan anggota dari sebuah tim eksplorasi minyak. Jumlah korban yang tinggi ini akan mejadi pukulan bagi pemerintah yang meyatakan bahwa seluruh pemberontak telah dikalahkan.

Sedikitnya, 20.000 orang tewas sementara ribuan lainnya diculik sejak Boko Haram mulai melancarkan aksi pemberontakannya pada 2009 lalu.

Salah satu kasus paling menyita perhatian adalah ketika sebanyak 276 anak perempuan dari sebuah sekolah berasrama di Kota Chibok, bagian timur laut Nigeria disandera pada 2014 lalu. Sebanyak 100 orang telah berhasil dibebaskan sejak saat itu.

Sementara dalam seranga terbaru yang terjadi pada Selasa (25/7/207) pihak berwenang belum memberikan penjelasan lebih lanjut. Namun dalam sebuah laporan awal dari tentara, diketahui bahwa ahli geologi dan surveyor yang bekerja untuk Universitas Maiduguri telah diculik dalam peristiwa tersebut.

Sementara sebanyak 10 mayat, yang terdiri dari sembilan mayat tentara dan seorang warga sipil telah ditemukan usai perang tersebut.

Di sisi lain, pihak Universitas Maiduguri mengatakan kalau setidaknya lima anggota staf, termasuk dua akademisi dan supit, turut menjadi korban dalam kejadian tersebut, sementara beberapalainnya masih hilang.

Juru bicara universitas mengatakan kalau pihak militer mengabarkan bahwa staf mereka selamat. Namun mereka kaget ketika mendapatkan mayat dari staf mereka dan kabar bahwa staf lainnya belum ditemukan.

Sebuha sumber lainnya mengatakan kalau lebih dari 40 orang telah menjadi korban dalam peristiwa tersebut, sumber juga mengatakan bahwa jumlah korban bisa bertambah sewaktu-waktu, demikian dilansir BBC.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top