Australia: Polisi Berhasil Mengagalkan Aksi Teror untuk Pesawat

man-headphones
Penggerebekan di Surry Hills, Sydney. (Foto: AFP)

zonalima.com – Polisi anti-teorisme Australia telah berhasil mengagalkan rencana yang dicurigai sebagai upaya untuk menjatuhkan sebuah pesawat, demikian dikatakan Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

Menurutnya, sebanyak empat orang telah berhasil ditangkap dalam penggerebekan di Sydney. Pihak menyidik mengatakan bahwa mereka telah berhasil menyita beberapa materi yang bisa digunakan untuk membuat bahan peledak dalam penggerebekan tersebut.

PM Turnbull juga mengatakan kalau operasi etrsebut merupakan sebuah operasi anti-terorisme bersama dan saat ini keamanan tengah diperketat di bandara domestik dan internasional.

Dikatakan laporkan oleh penyiar ABC bahwa penggerebeka tersebut terjadi di pinggiran Sydney, tepatnya di wilayah Surry Hills, Lakemba, Wiley Park dan Punchbowl, dan memungkinkan tingkat ancaman teror berskala nasional.

Terkait hal ini, Komisaris Polisi Federal Australia Andrew Covin mengatakan kalau keempat pria yang ditangkap tersebut diduga terkait dengan sebuah kelompok Islam.

“Dalam beberapa hari ini, para penegak hukum telah menjadi sadar akan informasi yang menyarankan beberapa orag di Sydney berencana untuk melakukan sebuah serangan terorisme menngunakan alat peledak,” kata Komisaris Colvin dalam sebuah konferensi pers.

Ia juga menjelaskan kalau pihaknya belum memiliki informasi lebih rinci mengenai rencana, lokasi, tanggal dan waktu yang direncanakan dan memastikan penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan dan mungkin akan memakan waktu cukup lama.

Sementara itu, kantor berita ABC juga melaporkan bahwa seorang wanita di daerah Surry Hills mengatakan kalau suami dan seoranng anak laki-lakinya telah ditangkap, namun ia menyangkal tuduhan yang menyebutnya memiliki kaitan dengan kelompok teroris tertentu, demikian dilansir BBC.

Baca juga berita aslinya di sini. (*)

Terpopuler

To Top