ASEM TMM Bali Tingkatkan Konektivitas Asia-Eropa

man-headphones
Menhub Budi Karya saat jumpa pers bersama EU Commisioner for Mobility and Transport Violeta Bulc dan Deputy Secretary General of ASEAN Vongthep Artakaivalvateen, Rabu (27/9). (Foto: Kemendagri.go.id)

Nusa Dua, ZONALIMA.COM – Penyelenggaraan Asia-Europe Meeting, Transport Ministers Meeting (ASEM TMM) yang keempat di Bali, 26-28 September 2017 menghasilkan Bali Declaration atau Deklarasi Bali.

Deklarasi ini secara garis besar menekankan konektivitas antar negara Asia – Eropa.

Menteri Perhubungan Budi Karya juga berharap Bali Declaration dapat menjadi momentum bagi kerjasama dan konektivias bagi para negara ASEM.

"Saya berharap Bali Declaration menjadi momentum bagi negara-negara ASEM untuk lebih dapat berkerja sama dalam berbagai sektor transportasi dan dapat meningkatkan konektifitas antara negara ASEM," ujar Menhub saat jumpa pers bersama EU Commisioner for Mobility and Transport Violeta Bulc dan Deputy Secretary General of ASEAN Vongthep Artakaivalvateen, Rabu (27/9).

Menhub juga mengungkapkan rasa syukurnya karena seluruh rangkaian kegiatan 4th ASEM TMM  berjalan lancar, seperti Transport Ministers Meeting (TMM), Transport Senior Officer Meeting (TSOM), Bussines Forum dan Pameran Transportasi dan Logistik.

"Saya sangat bahagia sekali dan bersyukur penyelenggaraan 4th ASEM TMM ini berjalan lancar dan sukses. Status awas dari Gunung Agung tidak menjadi hambatan para peserta dari berbagai negara untuk hadir di Bali, hal ini terbukti dari hadirnya secara langsung sejumlah Menteri Transportasi dalam pertemuan ini," kata Menhub, seperti dikutip dari siaran pers Humas Kemenhub.

EU Commisioner for Mobility and Transport Violeta Bulc juga menyampaikan apresiasi kepada Indonesia sebagai tuan rumah karena penyelenggaraan 4th ASEM TMM berjalan lancar dan sukses. Apresiasi serupa juga disampaikan oleh Deputy Secretary General of ASEAN Vongthep Artakaivalvateen.

4th Asia-Europe Meeting, Transport Ministers Meeting 2017 (ASEM TMM) dihadiri oleh 38 Negara dari 51 Negara yang diundang. Selain itu hadir 5 organisai Internasional, yaitu ASEAN Secretariat, Asia-Europe Foundation, European Union, UNECE dan UNESCAP.

Ada 15 Menteri Transportasi yang hadir, dari jumlah total delegasi yang hadir mencapai 251 orang.

 

Terpopuler

To Top