Terus Pacu Daya Saing Industri Penopang Sektor Pertanian

man-headphones
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa/kemenperin.go.id)

zonalima.com – PEMERINTAH melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu daya saing dan produktivitas industri yang berperan dalam pengembangan sektor pertanian.

“Kami aktif mendorong para pelaku industri termasuk industri kecil dan menengah (IKM) agar terus berkarya dan berinovasi untuk menghasilkan produk yang bernilai tambah tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sektor lainnya seperti pertanian,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto di Yogyakarta, Selasa (14/11/2017).

Airlangga mengatakan, sektor pertanian membutuhkan dukungan dari sektor industri agar kegiatan pertanian lebih efektif dan efisien. Selain itu, agar kegiatan pertanian juga dapat dilakukan lebih intensif dengan hasil yang lebih besar sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

Di sisi lain, lanjut Airlangga, Kemenperin juga berkepentingan untuk terus mendorong pengembangan industri alat dan mesin pertanian.

Kemenperin mencatat, berbagai produk alat dan mesin pertanian yang telah mampu diproduksi dalam negeri, antara lain pintu air, pompa air, traktor tangan, mesin pengolah tanah, mesin penebah atau panen, penyemprot tanaman, penyemprot bertekanan, pengabut gendong bermotor (mist blower), pengering, perontok multiguna, pengupas gabah, pengayak (shifter), penyosoh (rice polisher), pemutih, penghancur jerami, pemotong rumput, serta Rice Milling Unit (RMU).

Terpopuler

To Top