Freeport Belum Bangun Smelter di Gresik

man-headphones
Wakil Ketua Komisi VII Syaikhul Islam Ali (tengah). (Foto: Istimewa/dpr.go.id)

zonalima.com - PT Freeport Indonesia hingga saat ini belum membangun smelter atau pengolahan hasil tambang di Gresik, Jawa Timur (Jatim). Hal itu terungkap setelah Komisi VII DPR melakukan kunjungan kerja ke Gresik.

“Kita melihat tidak ada progres fisik yang dilakukan. Meskipun disampaikan telah melalui tahapan-tahapan yang sifatnya administratif, tetapi itu bukan sebuah progres yang bisa dilihat,” kata Wakil Ketua Komisi VII Syaikhul Islam Ali di Gresik, Kamis, 23 November 2017.

Syaikhul juga menilai tidak ada komitmen serius dari Freeport membangun smelter. Soal masalah lokasi smelter saja hingga kini belum ada penentuan.

“Bahkan perjanjian yang dibuat dengan PT. Petrokimia pun tampaknya di-hold (ditahan),” kata Syaikhul seperti dilansir dpr.go.id.

Hal senada dikatakan anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih. Dia mengatakan, membangun smelter adalah kewajiban Freeport.

“Freeport akan membangun smelter di Gresik, dan Freeport telah menandatangani perjanjian (MoU) dengan PT Petrokimia untuk membangun smelter. Komisi VII ingin melihat progresnya, tetapi setelah beberapa tahun masih tidak ada progresnya,” kata Eni.

Hasil kunjungan ke Gresik ini, lanjutnya, akan segera dilaporkan Komisi VII DPR ke Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kita akan sampaikan kepada Menteri ESDM terkait belum adanya progres pembangunan smelter oleh Freeport,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top