Jokowi Ingin Jutaan Wisatawan Datang ke Silangit

man-headphones
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Internasional Silangit, di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017). (Foto: Istimewa/setkab.go.id)

zonalima.com – PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menginginkan jutaan wisatawan bisa datang ke kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Oleh karena itu, ia pun memerintahkan jajarannya untuk memperpanjang runway Bandar Udara Internasional Silangit agar pesawat berbadan besar bisa masuk ke Silangit.

Saat meresmikan Bandar Udara Internasional Silangit di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut, Jumat (24/11/2017), Jokowi optimis dengan adanya bandara ini pengembangan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba akan semakin meningkat.

“Inilah gerbang bagi wisatawan berkunjung, gerbang kreativitas dalam pelestarian adat Batak, gerbang untuk Marsipature Hutanabe,” kata Jokowi.

Terkait perpanjangan runway, Jokowi meminta agar runway Bandar Udara Silangit diperpanjang dari 2.650 meter menjadi 3.000 meter.

“Paling lambat 2020, paling lambat berarti bisa maju 2018 atau 2019 dan terminalnya dari 3.000 meter persegi menjadi 10.000 meter persegi,” tutur Jokowi.

Jokowi mengatakan, pengoperasian Bandar Udara Internasional Silangit merupakan sebuah terobosan baru untuk membuat ledakan pariwisata di Indonesia.

“Sekarang kita sedang membuat ledakan baru di dunia pariwisata. Saat gerbang menuju keindahan Danau Toba yang menyimpan sejarah bumi dan kekayaan seni budaya suku-suku di Tano Batak terbuka lebar,” ujar Jokowi seperti dilansir setkab.go.id.

Turut hadir dalam acara peresmian itu Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi. (*)

Terpopuler

To Top