Indonesia Produsen Boneka Barbie Terbesar di Dunia

man-headphones
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melihat boneka merek Barbie produksi PT Mattel Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/12/2017). (Foto: Istimewa/kemenperin.go.id)

zonalima.com – INDUSTRI mainan di Indonesia telah menunjukkan daya saingnya di dunia internasional. Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengaku sangat bangga dan Indonesia merupakan produsen boneka merek Barbie terbesar di dunia.

Boneka merek Barbie dari Indonesia diproduksi oleh PT Mattel Indonesia. Perusahaan ini memasok 60 persen ke seluruh pasar global dan telah mengungguli produksi China.

“Jadi, enam dari 10 boneka yang beredar di dunia itu berasal dari Indonesia, dibuat dengan tangan-tangan terampil anak bangsa kita,” kata Airlangga saat menghadiri Peringatan Ulang Tahun ke-25 PT Mattel Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Senin (4/12/2017).

Indonesia, jelas Airlangga, juga memiliki pabrik mobil mainan dengan kapasitas produksi yang cukup besar mencapai 50 juta unit per tahun.

“Itu pabrik Hot Wheels di Cikarang milik PT Mattel Indonesia. Industriotomotif mini lebih besar 50 kali dari otomotif benaran,” tuturnya.

Hot Wheels merupakan mobil mainan yang dibuat dari bahan logam yang dicetak.

Airlangga pun menantang PT Mattel Indonesia untuk membuat mainan edisi khusus Indonesia, baik Barbie maupun Hot Wheels yang juga bisa dipasarkan ke seluruh dunia.

Presiden Direktur PT Mattel Indonesia, Roy Tandean mengatakan, perusahaannya terus memperkuat pusat produksi bonekanya melalui kolaborasi dengan industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia.

“Saat ini, kami memproduksi hingga dua juta boneka per minggu dengan lebih dari 500 pemasok dan IKM yang menjadi bagian tak terpisahkan dari rantai pasokan Mattel,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top