TNI Siap Jaga Netralitas di Tahun Politik

man-headphones
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/12/2017). (Foto: Antara)

zonalima.com – TAK lama lagi, Indonesia akan memasuki tahun politik dengan digelarnya Pemilu serentak nasional Tahun 2019. Calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan pihaknya siap menjaga netralitas TNI selama tahun politik 2019.

“Yang penting netralistas dan soliditas yang kita jaga, itu saja,” kata Hadi seusai menerima anggota Komisi I DPR di rumah dinasnya di Jalan Rajawali Timur, Kompleks Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2017).

Sebelumnya, Hadi yang masih menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12/2017). Komisi I DPR menilai Hadi memang memiliki rekam jejak yang mumpuni dan memiliki kecakapan dalam mengemban tugas.

“Setelah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan serta pandangan dari seluruh fraksi dan anggota Komisi I DPR, maka Komisi I DPR memberikan persetujuan kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari di Gedung DPR Jakarta, seperti dilansir dpr.go.id.  

Pasca fit and proper test, jelas Kharis, Komisi I DPR akan segera mengirimkan surat kepada pimpinan DPR untuk diadakan rapat Badan Musyawarah (Bamus) atau rapat pengganti Bamus guna melakukan penjadwalan pembacaaan laporan Komisi I DPR di Paripurna.

“Kita menunggu dari pimpinan DPR untuk pembacaan laporan di Paripurna. Setelah dibacakan di Paripurna, maka pimpinan DPR akan berkirim surat kepada Presiden, dan selanjutnya akan dilantik oleh Presiden. Bagi kami, pelantikan semakin cepat semakin baik,” kata Kharis.

Komisi I DPR, jelas Kharis, juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI. Komisi I DPR juga memberikan apresiasi kepada Jenderal Gatot atas dedikasi, kesungguhan, profesionalisme, dan kecakapan dalam memimpin TNI serta kinerja yang dicapai sebagai Panglima TNI.

“Kita harapkan semoga capaian-capaian positif beliau dilanjutkan dan dikembangkan oleh Panglima TNI berikutnya,” ujar Kharis. (*)

Terpopuler

To Top