Mendagri Minta Daerah Segera Siapkan Calon Plt Kepala Daerah

man-headphones
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa/Puspen Kemendagri)

zonalima.com – MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pemerintah daerah, terutama pemerintah kabupaten/kota yang kepala daerah dan wakilnya maju bersamaan di Pilkada 2018, segera mempersiapkan dan mengusulkan calon pelaksana tugas (Plt) kepala daerah. Hal itu dimaksudkan agar tidak ada kekosongan pemerintahan dan tidak mengganggu jalannya roda pemerintahan.

“Perlu sedini mungkin mempersiapkan calon pelaksana tugas,” kata Tjahjo di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Tjahjo mengatakan, calon Plt kepala daerah bisa diusulkan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) provinsi. Ia meminta dipersiapkan dari sekarang.

“Plt kepala daerah bisa berasal dari Aparatur Sipil Negara provinsi, untuk menjadi Plt Bupati dan Wali Kota di daerah yang kepala daerahnya maju bersama dalam Pilkada 2018,” kata Tjahjo.

Tjahjo juga kembali mengingatkan, kepala daerah, wakil kepala daerah, sekretaris daerah (Sekda) dan pejabat daerah yang maju Pilkada tidak menyeret birokrasi dalam persaingan politik. Apalagi sampai memperalat aparatur untuk pemenangan dalam pemilihan.  Netralitas ASN wajib dijaga.

Dia juga  meminta jangan ada pergantian pejabat di daerah yang menggelar pemilihan. Terutama, di tengah tahapan pemilihan.

“Suksesnya Pilkada bukan hanya tanggung jawab KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara. Atau tanggung jawab aparat TNI, Polri dan BIN dalam segi jaminan. Suksesnya Pilkada tanggung jawab seluruh elemen bangsa. Termasuk juga tanggung jawab petahana yang hendak maju lagi dalam pemilihan,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top