Aher Jamin Pilkada Jabar Aman

man-headphones
Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. (IST: dok ams.or.id)

Penyelenggaraan Pilkada serentak pada 2018 di kawasan Jawa Barat butuh dukungan dari publik dan media. Partisipasi itu bakal memicu suasana aman.

"Pilkada Jabar bakal aman. Kita bicara bukti saja secara kasat mata. Tabiat masyarakat di Jabar itu lemah lembut, repeh rapih, silih asah silih asih silih asuh," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), di Saung Ujo, Sabtu (3/2/2018).

Keyakinan penyelenggaraan, lanjut Aher, hajatan demokrasi tersebut bakal berlangsung aman didasari pada gelaran pilkada pada 2008 dan 2013 kemarin. Pada saat itu, tercatat tak ada konflik fisik yang terjadi akibat berlangsungnya pemilihan kepala daerah.

Aher menegaskan, bila tak ada catatan pernah terjadi sebuah konflik dalam gelaran pilkada. Pada penyelenggaraan pilkada-pilkada selanjutnya bisa dipastikan tak ada gejolak yang bakal terjadi.

Namun, pencapaian kondusif itu akan terwujud dengan adanya kerjasama yang melibatkan aparat dengan tokoh masyarakat, misal ulama.

Tak hanya itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga mengingatkan bahayanya penggunaan kampanye hitam dan penyebaran hoax yang bakal terjadi di pilkada.

Ancaman berita bohong itu bakal mempengaruhi warga.

Ia menganjurkan agar pemilih mengkonsumsi media yang akurat dan terpercaya ketimbang kabar bohong yang marak beredar di media sosial.

"Peran media yang menyuguhkan kabar yang berisi laporan akurat dan kedamaian bisa membawa suasana aman saat pilkada," kata dia. 

 

 

Terpopuler

To Top