Musisi Legendaris Yockie Suryo Prayogo Berpulang

man-headphones
Musisi God Bless, Yockie Suryoprayogo (kedua dari kiri). (IST: [email protected])

Industri musik tanah air kembali kehilangan sosok musisi legendaris, Yockie Suryo Prayogo. Personel God Bless kelahiran 14 Desember 1954 itu meninggal dunia pada pukul 07.35 WIB, di RSIP Bintaro.

"Inallilahi wa inna ilaihi rojiun, telah berpulang sahabat kami, salah satu musisi terbaik Indonesia, Yockie Suryo Prayogo Senin pagi ini, 5 Februari 2017 pukul 07:35 WIB di RSIP Bintaro," mengutip tulisan pada akun resmi Instagram God Bless.

Yockie yang berposisi sebagai pemain kibor pada grup rock legendaris itu sebelumnya sempat dirawat secara intensif lantaran mengalami pendarahan otak pada November 2017 kemarin. Selain itu, Yockie juga mengidap diabetes dalam kurun 15 tahun terakhir.

Sebelum bergabung dengan God Bless, Yockie sempat melanglang buana ke sejumlah band di tanah air, misal Bigman Robinson, Double O, Giant Step dan Jaguar.

Sentuhan tangan dingin Yockie pulalah yang melejitkan nama musisi legendaris lainnya seperti Mel Shandy, almarhum Chrisye, hingga Kantata Takwa.

Dalam proyek bareng album soundtrack film Badai Pasti Berlalu, karya Yockie terbilang mencapai puncaknya. Ia bareng Eros Djarot dan Chrisye membuat gebrakan dalam industri musik pop Indonesia.

Pada album tersebut turut melambungkan pula nama musisi seperti Fariz RM, Debby Nasution dan Keenan Nasution. Sampai saat ini, album tersebut diyakini sebagai album pendobrak genre musik pop yang sebelumnya dianggap terlalu mendayu-dayu.

Tak hanya itu saja, Yockie terlibat pula dalam album almarhum Chrisye misal, Puspa Indah Taman Hati, Sabda Alam, Metropolitan dan Nona.

Kini, pengaruh musikalitasnya banyak mempengaruhi warna musik industri tanah air.

Selamat jalan, Yockie.     

Terpopuler

To Top