Kemenperin Luncurkan Info Pameran Luar Negeri

man-headphones
Pameran internasional otomotif. (Ist. doc: kerabat.eventorganizer)

zonalima.com - PELAKU industri nasional seolah mendapat `angin segar` untuk memacu daya saing pada pasaran global dengan adanya http://pameranln.kemenperin.go.id.

Pembuatan microsites yang dilakukan Kementerian Perindustrian tersebut ditujukan untuk optimalisasi promosi internasional untuk memacu peningkatan ekspor produk lokal.

“Selain agenda pameran internasional yang dikoordinasikan oleh Kemenperin, di situs ini juga terdapat informasi tentang sejumlah pelaksanaan pelatihan teknis yang dibutuhkan pelaku industri,” kata Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, Kamis (1/3/2018), di Jakarta.

Partisipasi, lanjut Putu, dalam ajang pameran internasional bisa menjadi jembatan strategis pelaku industri nasional. Pelaku industri tersebut bisa melakukan riset pasar dan tren teknologi terkini, selain memamerkan produk dan jasa.

“Pelatihan dan pendampingan pun merupakan bagian persiapan yang mutlak dibutuhkan pelaku industri. Sehingga aktivitas promosi yang dilakukan lewat keikutsertaan dalam pameran, bisa lebih memberikan hasil yang optimal,” kata dia.

Terdapat pula info persyaratan di negara tujuan ekspor yang wajib dipenuhi, jalur distribusi dan selera konsumen terkini.

“Pengetahuan dan pemahaman yang baik megenai pasar tujuan ekspor, akan membantu pelaku industri nasional dalam melakukan perencanaan promosi dan ekspor yang tepat,” kata Putu. Sekarang sudah tersedia informasi pasar eropa untuk sejumlah sektor dari Natural Ingredients for Cosmetics, Home Decoration, Motion Drives, hingga Control and Automation.

Sejalan dengan Putu, Direktur Akses Sumber Daya Industri dan Promosi Internasional Kemenperin Tony Sinambela, pada 2017, mengungkapkan, pernah memfasilitasi keikutsertaan pelaku industri nasional pada 16 pameran di luar negeri. Pada 2018, terdapat 15 pameran di luar negeri dengan dukungan beberapa unit di lingkungan Kemenperin.

“Target negara tujuan dengan spesifikasi jenis produk pun beragam, di antaranya untuk tahun ini seperti SIAL Paris Food Innovation Exhibition-France, Sourcing at Magic Fashion Expo, Las Vegas-USA, Yarn Textile Expo Shanghai-China, dan Collection Premier Moscow Fashion Trade Fair-Russia,” lanjut dia.

Pembuatan microsites itu amanat dari Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 04 Tahun 2016 tentang Pameran Luar Negeri di Lingkungan Kementerian Perindustrian, dan dalam pembangunannya dilakukan dengan dukungan Center for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Kementerian Luar Negeri Belanda.

Catatan Kemenperin, ekspor industri pengolahan nonmigas tahun 2017 sebesar USD125 miliar atau naik 13,94 persen dibandingkan tahun 2016 sekitar USD109,7 miliar. Ekspor industri pengolahan nonmigas ini menyumbangkan kontribusi paling tinggi sampai 76 persen dari total ekspor nasional tahun 2017 yang mencapai USD168,73 miliar. (*)

Terpopuler

To Top