Pjs Gubernur Papua Gencarkan Koordinasi

man-headphones
Pjs Gubernur Papua Soedarmo saat berkunjung ke Kantor Bawaslu Provinsi Papua, Kamis (1/3/2018). (Foto: Ist/zonalima.com)

zonalima.com – PENJABAT Sementara (Pjs) Gubernur Papua, Soedarmo, terus melakukan koordinasi dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan penyelenggara pemilu di Papua. Koordinasi dan silaturahmi ini penting, salah satunya untuk memastikan kesiapan penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2018 di Papua.

“Kunjungan ini merupakan silaturahmi, saya juga kemarin sudah ke KPU, pemerintah daerah memberikan dukungan agar seluruh tahapan pelaksanaan pilkada Papua berlangsung dengan baik dan lancar,” kata Soedarmo saat berkunjung ke Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua, Kamis (1/3/2018).

Soedarmo berpesan, sebagai penyelenggara pemilu Bawaslu harus bisa bersikap profesional. Bawaslu harus netral dan tidak diskriminatif.

“Bawaslu itu seperti hakim dalam sebuah pertandingan, sehingga dalam menetapkan masalah harus profesional dan tegas serta tidak memihak kepada pasangan calon,” katanya.

Soedarmo yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu meminta jajaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten/kota untuk dapat menjalankan tugasnya secara profesional juga. Mengawal seluruh tahapan Pilkada, mulai dari pencoblosan, penghitungan suara hingga penetapan pemenang Pilkada.

Tak lupa, Soedarmo berpesan, agar Bawaslu Provinsi Papua gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula di Papua agar mereka bisa menggunakan hak politiknya memberikan suara di TPS pada pemungutan suara mendatang.

“Salah satu suksesnya Pilkada adalah partisipasi pemilih. Oleh karena itu, saya harap masyarakat Papua tidak golput dan dapat menyalurkan hak suaranya dengan menggunakan hati nuraninya, bukan karna ada kepentingan sesaat,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top