Mendagri Imbau Damkar Bantu Jaga Obyek Vital

man-headphones
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (Ist/Puspen Kemendagri)

zonalima.com - KEBERADAAN petugas pemadam kebakaran (damkar) tak sekedar menjaga dan mengantisipasi ancaman kebakaran. Petugas damkar bisa pula bertugas sebagai penjaga obyek vital milik instansi pemerintah.

Tugas tersebut sejurus dengan kondisi negara yang pada 2018 dan 2019 sedang berlangsung tahun politik. Momentum tersebut jadi penentu nasib mutu demokrasi di Indonesia.

"Tahun 2018, adalah tahun krusial bagi bangsa Indonesia. Di tahun ini, ada beberapa agenda penting yang akan dilaksanakan," kata Tjahjo, saat memberi arahan dalam peringatan HUT Damkar ke 99, di Kota Ambon, Kamis (1/3/2018) kemarin.

Agenda pertama penting di 2018, lanjut Tjahjo, salah satunya yakni, pelaksanaan Pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada) di 171 daerah. Tentu ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, tidak hanya pemerintah, kepolisian, TNI, BIN dan lembaga terkait. Tapi juga dukungan elemen masyarakat. Karena bagaimana pun, partisipasi masyarakat menjadi kunci dari suksesnya Pilkada. Tidak terkecuali dukungan dari Damkar.

"Agenda penting yang kedua, dimulainya tahapan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019 yang juga digelar serentak," katanya.

Dua agenda penting itu, ujarnya, merupakan perhelatan akbar politik yang akan menentukan kualitas demokrasi di Indonesia. Sementara agenda ketiga, hajatan pesta olahraga terbesar se-Asia atau Asian Games yang akan digelar di dua kota, Jakarta dan Palembang. Kata Tjahjo, Damkar harus ikut menyukseskan agenda-agenda penting ini. Tentu sesuai tugas dan fungsinya.

 

 

 

Terpopuler

To Top