Satpol PP dan Satlinmas Siap Kawal Pilkada Serentak 2018

man-headphones
Upacara HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 Tahun 2018 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (3/3/2018). (Foto: Ist/zonalima.com)

zonalima.com – SATUAN Polisi Pamong Praja (PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) siap mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018. Hal itu ditegaskan dalam Apel Siaga yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 Tahun 2018 yang digelar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (3/3/2018).

Mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo saat menjadi inspektur upacara HUT Satpol PP dan Satlinmas kali ini mengatakan, Satpol PP sebagai aparat yang menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika di wilayah demi menjaga stabilitas dan keamanan menjelang pesta demokrasi di daerah.

“Dan tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja,” kata Hadi membacakan sambutan Mendagri di depan seluruh perwakilan anggota Satpol PP dan Satlinmas se-Indonesia, Sabtu.

Satpol PP, kata Hadi, merupakan Aparatur Sipil Negara yang dituntut bertindak netral sesuai Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara. Di sisi lain, sebagai perencana, pelaksana, dan penyelenggara tugas umum pemerintahan dalam peran nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik KKN.

Terpisah, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Eko Subowo mengatakan, anggota Satlinmas diharapkan senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggalnya dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum.

“Anggota Satlinmas juga diharapkan bertugas secara optimal membantu petugas KPPS pada Pilkada Serentak 2018 baik menjelang, pada saat maupun setelah pelaksanaan agar berlangsung dengan aman, tertib, dan tenteram,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top