Mendagri Dukung Penuh BNPT Cegah Terorisme

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo dan Kepala BNPT Suhardi Alius seusai penandatanganan MoU Penanggulangan Terorisme antara Kemendagri dengan BNPT di Jakarta, Senin (12/3/2018). (Foto: Ist/zonalima.com)

zonalima.com – KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung penuh segala upaya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam mencegah dan menanggulangi terorisme di Tanah Air. Mulai dari dukungan regulasi hingga dukungan lain yang diperlukan.

Demikian ditegaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (MoU) Penanggulangan Terorisme antara Kemendagri dengan BNPT di Jakarta, Senin (12/3/2018). Salah satu bentuk dukungan itu adalah memberikan data dan informasi terkait pengawasan perbatasan negara.

“Selain itu, support data dan informasi kependudukan yang membantu BNPT dalam pengawasan intelijen dan penanganan terorisme juga diberikan Kemendagri sesuai peraturan yang berlaku,” kata Tjahjo.

Secara fisik, jelas Tjahjo, banyak celah kerawanan yang bisa dimanfaatkan kelompok radikal maupun teroris. Oleh karena itu, perlu upaya strategis dari pemerintah dengan melibatkan komponen bangsa dalam mengatasi radikalisme dan terorisme.

Kemendagri, lanjutnya, telah melakukan upaya pencegahan dini. Diantaranya, melalui pembentukan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) di daerah. Kemendagri juga berupaya mempercepat pelaksanaan kebijakan pembentukan gugus tugas revolusi mental di daerah. Tak terkecuali, memperkuat fungsi badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di daerah.

“MoU tentang penanggulangan terorisme ini juga dapat memberikan pendekatan baru terhadap mantan napi terorisme, keluarga dan jaringannya, yang diiringi dengan makin jauhnya paham radikalisme maupun terorisme di tengah masyarakat,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top