Kepala Daerah Diminta Awasi Perkembangan Ormas di Daerahnya

man-headphones
Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: zonalima.com)

zonalima.com – JUMLAH organisasi kemasyarakatan (ormas) di Tanah Air kini cukup banyak sehingga tak mungkin pengawasannya hanya dibebankan kepada pemerintah semata. Kepala daerah diharapkan turut mengawasi keberadaan ormas di daerahnya.  

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pengawasan ormas haruslah diutamakan agar keberadaan ormas di daerah sejalan dengan NKRI dan Pancasila.

“Coba bayangkan jumlah ormas ribuan yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota maka sulit untuk diawasi bila hanya dibebankan pada aparat kepolisian dan BNPT saja,” kata Tjahjo di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (15/3/2018).

Tjahjo pun berharap seluruh lapisan masyarakat ikut berperan serta dalam menjaga NKRI.

Terkait pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Serentak Tahun 2019, sebelumnya Tjahjo mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah memetakan potensi konflik dan kerawanan pilkada agar dapat diantisipasi dan dicegah ke depan. Kemendagri juga telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri dengan berpedoman pada penyelenggaraan ketertiban, ketentraman, dan keamanan yang dikeluarkan Oleh Kapolri dan Mendagri.

“Memantapkan koordinasi horizontal dan vertikal pada aspek-aspek yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada 2018,” kata Tjahjo.

Sementara itu, dalam rangka menjaga stabilitas politik dalam negeri, lanjutnya, perlu dilakukan deteksi dini dan pemetaan potensi stabilitas yang mempengaruhi dinamika politik lokal. Selain itu, meningkatkan komunikasi dengan tokoh masyarakat, adat, dan agama.

“Penguatan fungsi data intelijen dengan data atau info yang akurat serta pendidikan sosial, politik, dan budaya kepada elemen masyarakat,” ujar Tjahjo. (*)

Terpopuler

To Top