Jangan Lupa, Datang ke TPS 27 Juni 2018

man-headphones
Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Dr. Bahtiar, M.Si. (Foto: zonalima.com)

zonalima.com – KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau masyarakat di 171 daerah yang sedang menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk datang ke TPS pada Rabu, 27 Juni 2018. Masyarakat diimbau datang dengan bersuka ria dan memberikan hak suaranya secara luber (langsung, umum, bebas, rahasia) dan jurdil (jujur dan adil).

“Datanglah ke TPS tanggal 27 Juni 2018 dengan bersuka ria secara luber dan jurdil,” kata Direktur Politik Dalam Negeri Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Bahtiar, M.Si di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Pilkada Serentak 2018 digelar di 171 daerah dengan rincian 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah telah menetapkan para pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada mendatang. Saat ini, seluruh calon sedang memasuki masa kampanye dan debat publik hingga Juni mendatang.

Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, lanjut Bahtiar, setidaknya ada tiga faktor penentu keberhasilan Pilkada Serentak 2018. Yakni, partisipasi pemilih yang harus meningkat dengan target 78 persen, menekan praktik politik uang, dan melawan kampanye yang berisi ujaran kebencian. 

“Kita harapkan para calon kepala daerah lebih mengedepankan adu program, adu konsep, adu gagasan dalam mengembangkan daerahnya ke depan,” ujar Bahtiar. (*)

Terpopuler

To Top