Rancangan PKPU Kampanye Akhirnya Disetujui

man-headphones
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman. (Foto. doc: kpu.go.id)

zonalima.com - KOMISI II DPR bareng Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyepakati rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Kampanye yang bakal diberlakukan pada Pemilu.

Dalam rapat tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman memaparkan tujuh catatan soal pemaparan PKPU pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) sebelumnya.

Ketujuh catatan tersebut antara lain terkait pemberitahuan kegiatan diluar masa kampanye, branding mobil, bahan kampanye, rapat umum, obyek alat peraga kampanye, masa tenang kampanye serta media sosial.

Menyangkut aktifitas diluar masa kampanye, Arief mengatakan usulan tentang istilah pertemuan internal parpol dilakukan dilakukan perubahan bisa diakomodir dan dicarikan kata penggantinya.

“Saya pikir tidak masalah, nanti kita gunakan istilah pertemuan tertutup bukan pertemuan terbatas seperti catatan Bawaslu karena pertemuan terbatas ada di aturan kampanye,” kata Arief, Senin (9/4/2018), di Gedung DPR, Jakarta.

Sementara terkait branding mobil, KPU telah mengatur bahwa hanya mobil pribadi dengan plat hitam yang dapat digunakan untuk branding kampanye. Juga dengan catatan hal itu dilakukan dengan persetujuan pemilik mobil tersebut. “Karena tidak mungkin itu diakal-akali. Bagaimana kita menghentikan di massa tenang, maka penggunaan mobil pribadi akan membatasi di masa-masa yang sudah ditentukan,” ucap Arief.

Sedangkan untuk pengaturan akun media sosial selama masa kampanye, lembaga penyelenggara pemilu itu menegaskan hanya mengatur sepuluh akun yang harus dilaporkan masing-masing peserta untuk diumumkan pada masyarakat sebagai akun resmi.

“Kalau akun pribadi tidak didaftarkan ya silahkan saja sebagai akun pribadi tapi kita tidak publikasikan ke masyarakat. Jadi, sepuluh akun di setiap platform itu yang akan kita publikasikan,” imbuh Arief. (*)

Terpopuler

To Top