FKUB Mesti Jaga Netralitas di Pilkada dan Pemilu

man-headphones
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (Ist/Puspen Kemendagri)

zonalima.com - MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengimbau Forum Kerukunan Umat Beragama menjaga netralitas pada pelaksanaan pilkada dan pemilu.

"Jaga terus harmoni kebangsaan, terutama menjelang hajatan demokrasi yang akan berlangsung secara nasional," kata Tjahjo melalui pernyataan tertulis pada Rapat Koordinasi Nasional FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu, 18 April 2018.

Tjahjo melanjutkan, kepala daerah agar meningkatkan peran dan fungsi FKUB terhadap penanganan persoalan keagamaan di daerah.

"FKUB agar diberikan perhatian dan dukungan anggaran agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal," kata dia.

Mantan Ketua Fraksi PDIP itu berharap mutu kerukunan beragama terus meningkat. Ia berpesan pula agar komitmen kebangsaan dari para tokoh agama.

"Kami harap dengan kegiatan ini dapat terjalin hubungan yang harmonis antara pemerintah, pemerintah daerah, dan FKUB," imbuh ia.

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) FKUB kali ini bertema “Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB dalam Rangka Menjaga Harmoni Kebangsaan Guna Mendukung Suksesnya Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019”.

Pada rakornas ini, peserta mendapat pembekalan berupa arahan dari sejumlah pejabat negara, di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Ketua DPR Bambang Soesatyo, serta perwakilan organisasi agama di Indonesia. (*)

Terpopuler

To Top