Ditjen Dukcapil Komitmen Dorong Sinergis Bareng KPU

man-headphones
Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagi, Zudan Arif Fakrulloh. (Ist. dukcapil.kemendagri.go.id)

zonalima.com - DIREKTORAT Jenderal (Ditjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan berkomitmen membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada dan pemilu.

Upaya itu diwujudkan melalui penyerahan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) serta pemberian akses database kependudukan nasional untuk pemutakhiran data pemilih. “Kita wajib membantu KPU. Cara membantu kita sudah optimal. Data pemilih di DPS yang tidak lengkap bisa dilengkapi sendiri oleh KPU dengan melihat DP4 atau membuka database dengan melalui hak akses”, kata Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, lewat keterangan tertulis, Kamis (19/4/2018), di Jakarta.

Zudan melanjutkan, komitmen tersebut dimaksudkan untuk mendorong KPU bekerja secara sinergis dan sistemik.

Upaya itu termasuk pula pemberian layanan bila jajaran KPU mendatangi langsung dinas dukcapil di daerah.

“Kalau KPU datang ke Dinas Dukcapil minta bantuan, bantulah dengan tetap berpedoman pada rambu peraturan perundang-undangan,” katanya.

Turut menyukseskan pilkada dan pemilu terkait bersinergi dengan KPU sudah menjadi tugas lembaganya. Namun, ia mengingatkan jajaran dukcapil daerah untuk tetap berpedoman pada aturan yang berlaku sebagai landasan saat bekerja.

“Hal ini perlu menjadi perhatian para Kepala Dinas Dukcapil,” tambah Zudan.

Manakala jajarannya sudah terlanjur bekerja di luar aturan soal menandantangani berita acara rapat terkait data pemilih dengan KPU, ia mendesak untuk segera bertindak.

“Bila rekan-rekan atau stafnya terlanjur tanda tangan, segera susuli dengan surat untuk mencabut tanda tangan dimaksud. Salam sehat penuh semangat,” kata dia. (*)

Terpopuler

To Top