Soal Korupsi, Ini Pesan Mendagri Kepada Para Calon Kepala Daerah

man-headphones
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (Ist/Puspen Kemendagri)

zonalima.com – MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah khususnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi program KPK yang senantiasa konsisten dan berkomitmen tinggi dalam pencegahan korupsi di Tanah Air. Tak terkecuali, program Pilkada Berintegritas dalam rangka memberikan pemahaman kepada para calon kepala daerah agar menjauhi area-area rawan korupsi.

“Kemendagri meyakini kegiatan Pilkada Berintegritas ini tidak lain ditujukan untuk mempercepat hadirnya pemerintah daerah yang baik dan bersih,” kata Tjahjo saat memberikan pembekalan kepada para calon kepala daerah se-Sumatera Utara (Sumut) yang turut diiniasi oleh KPK di Medan, Selasa (24/4/2018).   

Kepada para calon kepala daerah, Tjahjo berpesan agar mencermati area-area rawan korupsi. Diantaranya, dalam perencanaan anggaran, retribusi dan pajak terkait penerimaan daerah, belanja barang dan jasa, dana hibah dan bantuan sosial (bansos), serta jual beli jabatan dan perjalanan dinas.

“Kami berharap, jika Bapak/Ibu terpilih menjadi kepala daerah, komitmen untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dapat diterapkan dengan baik dan sungguh-sungguh,” pesan Tjahjo.

Terkait Pilkada sendiri, Tjahjo mengatakan, pesta demokrasi ini sudah seharusnya disambut dengan baik. Menghadirkan praktik-praktik demokrasi yang santun, beretika, dan memberi teladan bagi masyarakat.

“Pesta demokrasi dalam Pilkada ini harus menampilkan wajah calon pemimpin yang bersih dan mampu menjaga keberlangsungan Pilkada dengan aman, damai, dan tertib,” kata Tjahjo.

Tak lupa, Tjahjo mengimbau kepada seluruh pihak dan para calon kepala daerah agar turut menyukseskan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019. Antara lain dengan mendorong peningkatan partisipasi pemilih, menghindari politik uang, dan mengedepankan kampanye adu ide, program, dan gagasan, bukan hoax, SARA, dan ujaran kebencian.

“Serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban,” ujarnya. (*)

Terpopuler

To Top