700 Item Tentukan Kesuksesan Otonomi Sebuah Daerah

man-headphones
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo serta Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher). (Foto. Ist/puspen.kemendagri.go.id)

zonalima.com - PEMERINTAH memiliki 700 item untuk menentukan sukses tidaknya sebuah daerah otonom. Malahan terdapat suatu daerah yang berhasil mencetak rekor enam tahun berturut-turut mendapat penghargaan.

Hal itu diutarakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat memberi laporan dalam acara penyerahan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha kepada 2 kepala daerah dan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada 7 kepala derah di gedung Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta, Rabu (25/4/2018). Acara penyerahan penghargaan tersebut dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla. Tjahjo mengatakan, Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang berhasil melaksanakan otonomi daerah.

"Yang memecahkan rekor kebetulan yang sudah 6 tahun berturut turut adalah provinsi Jawa Timur," kata Tjahjo.

Pada Wakil Presiden, Tjahjo mengatakan, Kemendagri pada Selasa (24/8/2018) kemarin menetapkan Provinsi Kalimantan Utara sebagai daerah otonomi penuh.

Provinsi tersebut selama lima tahun sudah melewati tahap atau masa persiapan. Upaya itu akhirnya mampu mendongkrak prestasi Kaltara.

"Sehingga Kaltara (Kalimantan Utara) layak menjadi daerah otonomi penuh bersama dengan yang lainnya," kata dia.

Sementara itu, pada Kamis (26/4/2018), gabungan seluruh provinsi Kalimantan melaksanakan Musrenbang yang berlangsung di Jakarta. (*)

Terpopuler

To Top